Membeli mobil untuk keperluan pekerjaan sebagai pengemudi transportasi online sekarang ini sedang marak. Untuk menghindari risiko yang terjadi di perjalanan, para pengemudi mengasuransikan kendaraan dengan mengambil premi perorangan sehingga nilainya lebih rendah dibandingkan premi komersial.

Ketika driver sedang membawa penumpang dan tiba-tiba tertabrak kendaraan lain sampai rusak total, driver merasa tenang karena kendaraan sudah diasuransikan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya. Namun, ketika kejadian itu dilaporkan ke pihak asuransi ternyata klaim ditolak.

Apa alasan klaim ditolak? Dari mobilinanews.com (3/9/2016) Bangun Pambudi, selaku Manager Survei dan Garda Siaga, Asuransi Garda Oto menjelaskan. Klaim ditolak karena tidak sesuai dengan kebutuhan pertanggungannya. Dalam asuransi terdapat jenis kebutuhan pertanggungan, pribadi atau komersial. Kebutuhan pertanggungan pribadi jelas hanya untuk pemakaian sendiri.

“Kalau mobil penggunaan pribadi digunakan untuk taksi online dan ditengah jalan mengalami kecelakaan saat membawa penumpang, klaim asuransinya jelas kami tolak. Ini sesuai dengan aturan di dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), bahwa asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan, biaya atas kendaraan bermotor atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang disebabkan penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam Polis,” ujar Bangun Pambudi.

Jadi sangat jelas dalam hal ini, bahwa mobil pribadi yang dipakai untuk kepentingan komersial tidak dijamin dalam asuransi karena berbeda peruntukan.

Kecuali apabila pemilik kendaraan melaporkan kepada perusahaan Asuransi untuk melakukan endorsement atau perubahan data pada polis dari yang diperuntukkan pribadi ke komersial. Asuransi mobil untuk komersial tentunya akan lebih mahal preminya 20 sampai 25 persen dibanding asuransi mobil pribadi.

Untuk itu, bagi Anda pemilik mobil yang digunakan untuk transportasi online, sebaiknya pahami perjanjian dan isi dalam Polis agar tidak terjadi kesalahpahaman dan proses klaim berjalan lancar.