Memberikan perlindungan untuk kendaraan sangat diperlukan, salah satunya dengan membeli produk asuransi kendaraan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi segala risiko yang terjadi akibat kecelakaan, pencurian, huru-hara, terorisme, sabotase, dan risiko lainnya.

Berbagai produk asuransi kendaraan dapat Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya, kenali dahulu sebelum membelinya. Salah membeli akan mengakibatkan kerugian bagi pemilik kendaraan. Secara umum, ada dua jenis asuransi kendaraan, yaitu comprehensive atau yang biasa disebut all risk dan total loss only (TLO).

—Berikut risiko yang dijamin asuransi comprehensive :

– menjamin risiko sebagian (partial loss) dan keseluruhan (total loss) dari semua risiko, sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.

– asuransi comprehensive dapat diperluas dengan pertanggungan banjir. Sangat dianjurkan untuk Anda yang tinggal di daerah rawan banjir.

Tentunya, tidak semua kerugian ditanggung asuransi, baik comprehensive maupun TLO memiliki pengecualian masing-masing.

—Berikut pengecualian asuransi comprehensive :

– tanggung jawab hukum pihak ketiga

Yang dimaksud tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah, jika mobil yang Anda kendarai menabrak orang atau kendaraan lain maka, mobil Anda dapat diklaim di asuransi. Namun, asuransi tidak menanggung jika yang tertabrak menuntut untuk biaya pengobatan atau sejumlah uang.

Untuk menghindari risiko tersebut, Anda bisa menambahkan pertanggungan tanggung jawab hukum pihak ketiga. Tentunya dengan penambahan premi. Perlu diingat, apabila dua mobil yang sama-sama diasuransikan maka tidak dapat menerima penggantian rugi tersebut.

—Sedangkan asuransi TLO menjamin :

– asuransi TLO menanggung risiko kehilangan mobil atau mobil rusak dengan kerugian 75 persen. Asuransi TLO dapat diperluas pertanggungannya akibat bencana alam, huru-hara, terorisme, sabotase, hingga kecelakaan pengemudi dan penumpang.

—Pengecualian asuransi TLO :

– ketika kendaraan dijadikan untuk usaha seperti, rental mobil maka asuransi akan menolak membayar klaim jika mobil hilang dibawa penyewa.

Asuransi comprehensive maupun TLO masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang terpenting adalah kenali kebutuhan jaminan asuransinya. Selain itu, perhatikan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli asuransi kendaraan. Biaya asuransi comprehensive tentunya lebih besar dibandingkan total loss only.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang masih bingung ingin membeli asuransi mobil seperti apa :

– Asuransi comprehensive cocok bagi Anda yang memiliki mobil dengan harga yang tinggi sehingga perbaikannya membutuhkan biaya besar. Selain itu, comprehensive juga dianjurkan untuk pemilik usaha rental ataupun kursus mobil.

– Jangka waktu pemakaian juga berpengaruh pada jenis asuransi. Jika Anda sering bepergian, maka gunakan asuransi comprehensive. Begitupun sebaliknya, jika kendaraan lebih sering diparkir di halaman rumah, atau Anda sering melewati daerah yang rawan kriminalitas, sebaiknya gunakan asuransi TLO.

Apakah Anda sudah bisa memutuskan, jenis asuransi apa yang akan Anda beli? Jika masih bingung, atau ada pertanyaan silakan hubungi kami di 021.29867883 / 0896.53100100