Agar mobil terlihat lebih keren, tidak sedikit pecinta otomotif memodifikasi mobilnya walaupun dengan biaya yang sangat mahal. Akan tetapi, perlu diingat, memodifikasi mobil  asuransinya bisa hangus lho…

Pernyataan ini sangat jelas sesuai dengan Polis Standar Asuransi kendaraan Bermotor Indonesia, Bab III pasal 4 ayat 6, yang berbunyi, perlengkapan tambahan adalah perlengkapan pada kendaraan bersangkutan yang bukan merupakan perlengkapan standar pabrik.

Dikutip dari detik.com, 06 09 2017 L. Iwan Pranoto menyampaikan, “Misalnya memasang audio atau mengganti lampu, ini bisa menjadi penyebab terbakar kendaraan. Ini mengganti sesuatu tidak standar dan tidak memberikan informasi ke pihak asuransi. Jika kasusnya seperti ini tidak di-cover.”

Namun, walaupun begitu, konsumen yang ingin memodifikasi mobilnya dan tetap ditanggung asuransi diharuskan lapor ke pihak asuransi. Karena apabila mobil itu kecelakaan atau hilang pihak asuransi akan mengganti sesuai dengan kondisi kendaraan. Tentunya harus disurvei terlebih dahulu. Jika mobil yang sudah diasuransikan lalu dimodifikasi, penambahan preminya bisa disesuaikan.