Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, komunitas Toyota Fortuner atau yang disebut Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER) menggelar tur ke Lampung dengan mengusung tema “Mider Adok Lampung.” Acara yang berlangsung sejak 17 hingga 20 Agustus lalu disambut meriah oleh anggota komunitas.

“Melalui kegiatan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ini, kami ingin menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme sebagai perwujudan kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia,” kata Saladin Bonaparta, Presiden ID42NER, yang dikutip dari tribunnews.com (21/08/17).

Dalam perjalanan tur tersebut ada sekitar 110 kendaraan Fortuner dan 250 anggota komunitas serta keluarga yang ikut bergabung. Mereka berasal dari chapter Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah, Bandung, Palembang, Kepulauan Riau, Riau, Padang, Sumatera Utara, dan wilayah Jabodetabek.

Menurut Saladin, selain acara tur, juga diadakan acara Bakti Sosial di SD Negeri 3 Sumur Putri berupa bantuan uang tunai dan perlengkapan sekolah untuk mendukung proses belajar dan mengajar.

Perjalanan tur dimulai dari Tikum di rest area KM 66 Tol Merak. Kemudian rombongan melakukan konvoi menuju Pelabuhan Merak-Bakauheni, selanjutnya menuju SD Negeri 3 Sumur Putri Bandar Lampung-Teluk Betung.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi ke Auto 2000 Way Halim. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan pelepasan acara City Tour oleh Drs. H. Herman, Walikota Bandar Lampung.  Konvoi kendaraan dilanjutkan menuju rumah dinas Bupati Lampung Tengah, Drs. Ir. H. Mustafa untuk silaturahmi dan makan siang bersama.

“Semoga dengan kegiatan turing dari Toyota Fortuner Club of Indonesia ini akan memberikan dampak yang positif terhadap dunia pariwisata Indonesia pada umumnya dan pariwisata Lampung pada khususnya. Sehingga pariwisata Lampung akan semakin dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat luas” ungkap Mustafa, Bupati Lampung Tengah.

Puncak acara tur Kemerdekaan ini dilakukan di Hotel Novotel Lampung dengan menggelar acara makan malam sekaligus peresmian ID42NER Chapter Lampung. Peresmian tersebut menandakan bahwa para pengguna Toyota Fortuner sudah menjadi bagian komunitas untuk bisa silaturahmi dan bersosialisasi dengan pengguna Fortuner lainnya.

Sata berharap, chapter Lampung bisa membangun komunikasi dengan komunitas-komunitas lainnya yang ada di wilayah Lampung serta dealer Toyota agar bisa saling mendukung kegiatan yang diselenggarakan.

Ia juga berterimakasih kepada Toyota Astra Motor, AUTO 2000, Garda Oto, Cermerlang Printing, PT. Haura Permata Lestari, Industrimagz.com, ASDP Ferry, PRO-AQUA, Novotel lampung, Motorola, PopMie yang telah mendukung acara tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Komunitas Toyota Fortuner atau ID42NER sendiri berdiri sejak 13 Mei 2007. Hingga kini ID42NER memiliki 1.400 anggota yang tersebar di berbagai chapter di seluruh wilayah Indonesia.